Tujuan dan Manfaat Fogging Nyamuk

Fogging adalah kegiatan pengasapan yang dilakukan dengan menggunakan alat dan obat khusus. Tujuan dan manfaat fogging nyamuk adalah untuk membasmi sarang nyamuk. Kegiatan pengasapan atau fogging harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan oleh tenaga ahli. Penggunaan obat untuk fogging untuk mematikan nyamuk harus aman bagi lingkungan yang terkena pengasapan. Kegiatan pengasapan ini umumnya menggunakan bahan insektisida yang berfungsi untuk membasmi nyamuk-nyamuk dewasa. Fogging lebih efektif untuk membasmi nyamuk karena bisa lebih luas hingga ke sudut-sudut yang sulit terjangkau.  Bahan insektisida dalam pengasapan nantinya akan mematikan nyamuk-nyamuk dewasa yang terkena semprotan. Jadi lingkungan akan lebih bebas dari nyamuk-nyamuk yang berbahaya untuk kesehatan.

 

Kegiatan fogging harus memperhatikan prosedur yang benar agar manfaatnya lebih efektif. Selain untuk membasmi nyamuk, manfaat fogging nyamuk lainnya adalah sebagai langkah pencegahan penyakit demam berdarah. Penyakit DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes. Fogging dapat membantu mencegah penyakit demam berdarah dengan membasmi nyamuk-nyamuk aedes. Pengasapan yang dilakukan dengan bahan pembasmi serangga atau insektisida akan efektif untuk mematikan nyamuk, terutama nyamuk dewasa. Hal tersebut membuat fogging banyak dipilih sebagai alternatif pencegahan DBD. Apalagi untuk lingkungan padat penduduk yang memiliki risiko tinggi. Nyamuk yang suka bersembunyi di tempat-tempat yang sulit terjangkau dapat membahayakan, terlebih jika itu adalah nyamuk aedes. Penyemprotan dapat mematikan nyamuk sebelum menggigit manusia dan menyebabkan penyakit DBD.

 

Kasus demam berdarah di Indonesia tergolong tinggi bahkan pada beberapa daerah ditetapkan sebagai kasus luar biasa. Perkembangan nyamuk yang tergolong cepat membuat penyebaran demam berdarah sangat mudah. Pencegahan agar hal tersebut tidak terjadi adalah dengan melakukan gerakan 3M ditambah dengan fogging. Manfaat fogging nyamuk adalah untuk menyempurnakan kegiatan 3M masyarakat dalam memutus rantai perkembangbiakan nyamuk. Masyarakat tetap harus melakukan langkah-langkah pencegahan DBD dengan 3M, menguras bak mandi, mengubur barang-barang yang bisa menjadi sarang nyamuk, dan menutup tempat-tempat yang bisa digunakan untuk nyamuk berkembang biak. Anda bisa menggunakan layanan fogging Fumida untuk menyempurnakan langkah tersebut dengan membasmi nyamuk-nyamuk dewasa menggunakan bahan insektisida dan peralatan khusus.